Ibu-ibu terlibat dalam pendidikan anak sudah sangat biasa. Mulai dari mendaftarkan anak-anak sekolah, ikut rapat orang tua murid, hadir dalam seminar parenting sekolah sampai urusan ambil rapor anak.

Seorang teman saya, bahkan sampai memposting foto di media sosial ketika pengambilan rapor, karena memang dia satu-satunya bapak-bapak, di antara para ibu yang mengambil rapor anaknya beberapa waktu lalu.
Saya perhatikan, beberapa waktu lalu, ketika pembagian rapor rumah tahfiz, tempat anak-anak kami belajar Al Quran, juga sudah sangat banyak ayah yang ikut mengambil rapor anaknya. Namun, saya curiga, apakah ini karena waktu pengambilan rapornya malam hari sehingga memang lebih nyaman para ayah yang pergi mengambil rapor anak.

Kini, sebenanya beberapa sekolah sudah mulai memberlakukan kebijakan yang berbeda. Misalnya dalam seminar parenting, memang sengaja diadakan di hari libur kerja, misalnya hari sabtu dan hampir diwajibkan kedua orang tua berhadir. Tujuannya tentu agar ayah dan ibu sama-sama akan tahu soal kebutuhan anak sesuai usia sekolahnya.

Beberapa sekolah juga sudah menerapkan kewajiban pengambilan rapor semester oleh sang ayah.

Apakah ada pengecualian? Tentu ada. Misalnya ayahnya sudah meninggal, bisa digantikan sang ibu. Itupun pihak sekolah menyarankan laki-laki terdekat bisa mengambil rapor sang anak bila ada, misalnya kakeknya atau om si anak. Namun, bila tak ada juga, ibu boleh sebagai opsi terakhir.
Bagaimana kalau sang ayah sangat sibuk? Biasanya, karena diambil oleh dokteranak ayah, sekolah lebih fleksibel dari sisi waktunya. Dan kalaupun sang ayah sangat sibuk, dapat dikomunikasikan kepada guru yang bersangkutan sehingga bisa menyesuaikan dan diatur jadwalnya.

Peran ayah memang diakui sangat penting dalam perkembangan anak-anak. Ayah banyak disebut akan menentukan kehidupan sosial anak hingga kesuksesannya di masa depan.
Tukang Potong Rambut di Bawah Pohon
Tiduran atau leyeh-leyeh saat sekedar melepas lelah di bawah pohon besar memang sungguh segar.

Lascia un commento

Il tuo indirizzo email non sarà pubblicato.

Questo sito usa Akismet per ridurre lo spam. Scopri come i tuoi dati vengono elaborati.