Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kembali diperbincangkan lantaran pulang kampung ke Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Terlepas dari hal tersebut, Baturaja ternyata memiliki sejumlah kuliner khas yang menggugah selera.

Beraneka jenis makanan dan minuman khas yang ada di Baturaja tentu mampu membuat lidah penikmatnya terasa dimanjakan. Sehingga, tak lengkap rasanya berkunjung ke Baturaja jika tidak berwisata kuliner di sana.

1. Perkedel Bayam Kukus

Perkedel bayam kukus menjadi salah satu kuliner khas Baturaja yang populer bahkan di wilayah lainnya di Sumatera Selatan. Hidangan ini berbahan dasar kentang yang dipadukan dengan daun bayam yang dicincang halus sehingga tidak merusak cita rasa perkedel nantinya.

Uniknya, makanan tersebut diolah dengan metode dikukus. Namun tetap bisa digoreng kembali jika ingin mendapatkan tekstur yang renyah. Selain itu, hidangan ini juga bisa dicampurkan dengan bahan lainnya seperti daging giling, keju, wortel, dan lainnya sesuai selera.

2. Keripik Pare

Keripik pare juga menjadi salah satu kuliner khas Baturaja yang wajib lewisandclarkelementary.com dicicipi. Meski dikenal memiliki rasa yang pahit, nyatanya setelah dibuat menjadi keripik rasa pahit tersebut akan hilang.

Selain rasanya yang lezat, tekstur renyah dari keripik pare tentu mampu menggoyang lidah. Keripik ini juga bisa dikonsumsi menggunakan bumbu balado, tepung beras, atau penyedap lainnya agar kekayaan rasanya bertambah.

3. Pepes Tempoyak

Pepes tempoyak menjadi makanan khas Baturaja yang identik menggunakan ikan patin. Sebab, ikan patin berperan sebagai penambah nutrisi untuk tubuh sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Kekayaan cita rasa yang diberikan oleh pepes tempoyak khas Baturaja ini acitrapratiwi.com tentunya mampu menggugah selera penikmatnya. Hidangan ini sangat cocok disantap ketika keadaan panas sambil ditemani nasi yang hangat.

4. Sambal Ranggam

Sambal ranggam atau yang sering disebut sambal jok-jok menjadi kuliner khas Baturaja yang populer. Olahan sambal ini secara umum merupakan sambal mentah yang berbahan dasar ranggam atau tomat kecil yang dipadukan dengan terasi.

Sambal ranggam biasanya disajikan bersamaan dengan pepes, ikan pindang, atau olahan sayur. Cita rasa yang diberikan jenis sambal ini mulai dari gurih, pedas, dan segar lantaran ditambahkan dengan kemangi dan jeruk nipis, sehingga mampu menggugah selera khususnya https://chaika-tm.com/ bagi pecinta pedas.

Lascia un commento

Il tuo indirizzo email non sarà pubblicato.

Questo sito usa Akismet per ridurre lo spam. Scopri come i tuoi dati vengono elaborati.